Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapolda Ajak Personel Polda DIY Mengingat Lagi Sejarah Polri


Pada Apel Pagi Personel Gabungan Polda DIY Rabu, 5 Juli 2023, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H. mengingatkan seluruh personel tentang sejarah Polri. Dia menjelaskan bahwa 1 Juli 1946 ditetapkan sebagai hari lahir Polri berdasarkan Penetapan Pemerintah Tahun 1946, No. 11/SD. Djawatan Kepolisian Negara.

Kapolda menjelaskan bahwa sejarah Polri dimulai sejak masa kolonial Belanda, di mana Polisi hadir untuk menjaga kepentingan kolonial dengan personel yang berasal dari kalangan pribumi namun tetap dipimpin oleh orang Belanda. Pada masa pendudukan Jepang, kepolisian dikomandani oleh warga pribumi tetapi tetap diawasi oleh pihak Jepang. Setelah kemerdekaan, terbentuklah Badan Kepolisian Negara yang kemudian dipimpin oleh Komisaris Jenderal Polisi R.S. Soekanto Tjokrodiatmodjo.

Kapolda juga menyampaikan bahwa semangat Kepolisian Indonesia tidak terlepas dari Pasukan Bhayangkara yang dipimpin oleh Patih Gajah Mada pada Era Majapahit. Selain itu, Kapolda menjelaskan tentang penyatuan kepolisian di Indonesia yang sebelumnya tersebar dan berdiri secara mandiri di setiap daerah.

Dalam kondisi tersebut, Polri mengalami pembagian fungsi, seperti Polisi Kota yang mencakup Polisi Lalu Lintas dan Pengungkapan Kejahatan, serta Polisi Lapangan yang kini diemban oleh Sabhara dan Brimob. Ada juga Polisi Pertanian dan Polisi Pamong Praja. Semua kepolisian tersebut kemudian disatukan menjadi Djawatan Kepolisian Negara yang kemudian menjadi Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Kapolda menekankan bahwa sejarah Polri adalah hal penting bagi Keluarga Besar Polri. Dia menekankan bahwa Polisi saat ini harus memiliki semangat untuk meletakkan kepentingan rakyat, bangsa, dan negara dalam menjalankan tugas, sesuai dengan pesan Presiden pada Upacara Hari Bhayangkara di Jakarta.

Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang sejarah Polri, Kapolda berharap agar personel Polri dapat menjunjung tinggi nilai-nilai dan semangat perjuangan para pendahulu dalam melaksanakan tugas-tugas kepolisian demi keamanan dan kesejahteraan masyarakat. (Humas Polresta Yogyakarta)

Posting Komentar untuk "Kapolda Ajak Personel Polda DIY Mengingat Lagi Sejarah Polri"