Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapolda DIY Minta Maaf Atas Penggunaan Fasilitas Gedung Dalam Evakuasi Kelompok PSHT Di Pendopo Tamansiswa Yogyakarta



Kapolda DIY Irjenpol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., didampingi Dirintelkam Polda DIY Kombes Syahbuddin, S.I.K., dan Kapolresta Yogyakarta Kombes Saiful Anwar, S.Sos., S.I.K., M.H., melakukan kunjungan ke Pendopo Tamansiswa Yogyakarta pada Senin siang, 05 Juni 2023. Kunjungan ini dilakukan sebagai tanggapan atas kejadian kerusuhan antara dua kelompok, yaitu PSHT dan Brajamusti PSIM Yogyakarta, yang terjadi pada hari Minggu tanggal 04 Juni 2023.

Dalam kunjungan tersebut, Kapolda DIY berkesempatan untuk meminta maaf atas penggunaan fasilitas gedung untuk mengevakuasi salah satu kelompok tersebut. Tindakan ini dilakukan oleh Kepolisian dengan tujuan menciptakan keamanan dan mencegah terjadinya korban sebelum mereka dievakuasi ke Mapolda DIY. Kapolda DIY menjelaskan bahwa jika terdapat kerusakan akibat kejadian tersebut, pihak Polda DIY akan bertanggung jawab atasnya.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Ki Dr. Saur Panjaitan XIII MM dari Yayasan Persatuan Tamansiswa Yogyakarta beserta pengurus lainnya, Ketua Cabang PSHT Jogja Sutopan Basuki, dan Presiden Brajamusti PSIM Muchlis Burhanuddin.

Ki Dr. Saur Panjaitan XIII MM menyambut baik permohonan maaf dari Kapolda DIY dan mengucapkan terima kasih atas tindakan polisi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Sebagai pihak akademisi, Yayasan Persatuan Tamansiswa Yogyakarta berkomitmen untuk menggunakan kejadian kerusuhan ini sebagai koreksi dan pelajaran dalam pendidikan siswa-siswinya. Mereka akan mendidik siswa agar bersikap bijaksana dan tidak terlibat dalam kerusuhan apa pun, demi terciptanya masyarakat yang aman dan damai.

Saat ini, kedua kelompok yang terlibat dalam kejadian tersebut, yaitu PSHT dan Brajamusti, telah sepakat untuk berdamai dan menyelesaikan permasalahan mereka dengan semangat kekeluargaan.

Setelah kegiatan di Pendopo Tamansiswa selesai, Kapolda DIY melanjutkan pertemuan, silaturahmi, dan acara ramah tamah dengan Tokoh Masyarakat Kemantren Mergangsan di Kafe OASE Jalan Tamansiswa Wirogunan Mergangsan Kota Yogyakarta. (Humas Polresta Yogyakarta)
 

Posting Komentar untuk "Kapolda DIY Minta Maaf Atas Penggunaan Fasilitas Gedung Dalam Evakuasi Kelompok PSHT Di Pendopo Tamansiswa Yogyakarta"